Mendongkrak skor TOEFL

23 Sep

Liburan menjelang lebaran ini menyenangkan🙂
sejak program workshop di studio selesai, dan persiapan pameran komunitas di urus sepenuhnya oleh anggota komunitas, gua bisa leha-leha..hehe:)

Jadi, waktu luang bisa gue manfaatkan untuk belajar TOEFL. Kira-kira bulan juni-juli yang lalu, untuk pertamakalinya gue nyobain tes institutional TOEFL di Aminef, dan mendapat skor 550. lumayan sih, ngepas! Tapi gue rasa, untuk belajar di luar negeri, terutama di bidang humaniora, gue pasti membutuhkan angka yang lebih tinggi lagi. jadi, ditempuhlah berbagai cara untuk memperbaiki kekurangan2.

sebelumnya, gue cuma latian langsung pake cd toeflnya Barron’s. nyoba juga dengan cd dari Longman’s punya kakak gue. Tapi, saat itu gue hanya mendapatkan “trial dan error” dalam proses belajar gue. I still don’t know kenapa gue bisa betul kalo menjawab a, b, c, atau d. gue terlalu banyak bergantung pada keberuntungan dan insting. memang benar sih, dua hal itu juga pegang peran. tapi kita kan perlu tau juga alasan kenapa kita menjawab benar atau salah.

jadi, gue punya beberapa saran untuk teman2 yang juga lagi belajar TOEFL. Kalau belajar sendiri di rumah, beli lah buku2 yang memberikan penjelasan yang mudah diserap. nggak perlu yang mahal atau import, karena buku2 buatan guru2 bahasa inggris di indonesia juga nggak kalah bagus. selain lebih murah, mudah dibaca pula🙂
dan ini langkah2 yang perlu diperhatikan untuk bisa menguasai soal2 TOEFL:

1. GRAMMAR/tenses
Perkuat 16 Tenses mu. Buku2 tentang grammar/tenses ini banyak banget, beli lah yang penjelasannya mudah untuk diserap. gue membuat kartu-kartu kecil yang berisi “key-word” untuk menghafal logika2 tiap tenses. tiap orang mungkin cara nya beda2 dalam membuat “jembatan keledai”, tapi dengan rajin2 melihat kartu2 kecil ini sambil duduk, nonton, makan, bahkan pup, lumayan membantu.

2. sTRUKTUR BAHAsA
Ini sangat2 membantu untuk mengerti logika2 tenses. Gue beli buku yang mengupas tentang bagian struktur dalam TOEFL, karangan s.Pd.Muhamad kalo ga salah (nanti gue cek). di buku itu kita ngebedah kalimat. kita jadi tau yang mana frase, yang mana klausa induk, yang mana klausa anak/anak kalimat, dan apa saja kata2 penghubungnya (konjugasi). dari macem2 kata penghubung itu kita jadi tau apa maksud kalimat itu dan tenses apa yang harus dipake. dll. buku itu juga menyertakan contoh2 soal yang ada jebakannya, dan tips2 mengatasinya.

4. REAdING
di Gramedia ada buku yang mengupas tentang reading comprehension. di buku itu kita bisa belajar menemukan dengan cepat yang mana “topik utama”, dan tips2 untuk menemukan struktur ide dalam satu paragraf.

5. (optional) Kursus Academic Writing
yang ini sih terserah🙂 berhubung gue punya banyak waktu, gue ambil les ini di TBI s.Widjojo. sekalian menggabungkan 4 hal yang gue pelajari sebelumnya.

6. LIsTENING
ini bagian yang paling susah. untuk gue, listening sebenarnya nggak begitu sulit kalau gue konsentrasi dan fokus. Tapi, mendengarkan 4-5 prcakapan panjang dari cd Barron’s, kadang membuat gue….NGANTUK!!! ihihii….parah nih. Belum lagi, kalo mendengarkan sesuatu dengan mata terbuka tapi nggak ngeliat orangnya, gue sulit konsentrasi! hihih……jadi gue punya tips sendiri untuk diri sendiri: waktu mendengarkan percakapan, GUE MEREM!
Untuk yang nggak punya cd Barron’s (bukunya emang mahal sih bok….), alternatif lain adalah mendownload siaran berita gratis dari http://www.voanews.com atau BBC. Mereka juga punya materi tertulisnya. Tapi, jadi nggak bisa latian menjawab pertanyaan, ya?

Well, itu aja sharing dari gue yaaa…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: