Indulging my Tongue

13 Nov

Temen gue bilang “lu gile yee”. Tapi, belajar bahasa banyak-banyak memang menyenangkan. I love languages. I think my ear is quite sensible to voices. Kalo gue denger orang batak ngomong, tiba-tiba aja gue bisa menyahut dengan logat batak. Orang padang ngomong, logat gue jadi padang. Orang jawa ngomong, logat gue jadi medok. Malah, gue pernah dapet diskon waktu ngontrak rumah di daerah Jagakarsa, karena disangka orang Betawi ama pemiliknya yang asli Betawi.


Tahun 2005 gue belajar bahasa Perancis dasar intensif di CCF Salemba. Tahun lalu gue belajar bahasa Itali di IIC jakarta, sampe level Elementary Due. Pengalaman bahasa Perancis membuat gue agak lebih mudah menyerap struktur bahasa Itali.

Akhir tahun ini, gue belajar Academic Writing di TBI dan ternyata banyak sekali manfaatnya. Gue jadi ngerti struktur bahasa Inggris, ngerti apa itu adjective Clause, Adverb dll, dan jadi bisa bedain mana tulisan bener mana tulisan ngawur. Gue bisa nemuin misplaced clause di tengah-tengah paragraph yang keliahatannya udah bagus.

Selain itu, karena kesibukan di Komunitas yang mulai akan berkurang setelah bulan November, gue berniat untuk ambil lebih banyak lagi kursus bahasa. Bulan Desember ini gue akan ambil lagi Perancis di CCF Salemba, untuk memperbaikin struktur, vocab dan pronounciation. Seneng deh, karena udah pernah belajar bahasa Itali sebelumnya, gue ga kesulitan baca buku-buku yang ada di perpus CCF. Kemaren gue bisa menyelesaikan 3 komik! Mungkin gue ga tau arti semua kata2 di komik itu, tapi again, strukturnya bisa gue mengerti. Senangnyaa!

Temen gue bilang, “gile lu yeee!” karena selain bahasa Perancis, gue berniat ambil juga kursus bahasa Spanyol di bulan Februari mendatang. Bahkan, bulan Januari nanti, gue juga mo ambil kursus bahasa Arab.

Arab adalah bahasa yang bisa gue baca alfabetnya tapi tidak gue mengerti artinya! HEhehe secara dulu kan belajar ngaji di rumah. Masa gue bisa pronounce Al Quran tapi untuk tau artinya kudu baca terjemahan!

Ssst….. satu hal penting lagi: English, Spanish, French, Arabic, Russian and Mandarin adalah bahasa2 yang diperlukan di lingkungan UN,

Tinggalkan Balasan

