Mendongkrak Skor TOEFL (II)

9 Des

Sebelumnya, gue pengen bilang…..gue prihatin dengan website-website atau orang-orang yang memanfaatkan peminat beasiswa sebagai peluang bisnis, lalu membuka workshop-workshop dengan harga mahal berisi “tips-tips” yang etis nya tidak untuk dikomersialkan.


Sekedar ingin berbagi untuk teman-teman yang pengen ngelanjutin sekolah di luar negeri dan masih berjuang memperoleh profiency in english atau TOEFL/IELTS, gue menyarankan teman-teman untuk mengecek ulang basis dari tingkat kemampuan bahasa inggris teman-teman:

1. Apakah anda sudah menguasai ke-16 Tenses?
2. Apakah anda sudah memahami dasar2 struktur? (Simple Sentence, Compound Sentence, dan Compound Complex Sentence, Adjective dan Adverb?)
3. Apakah anda sudah memahami English for Academic Writing?
4. Apakah anda terbiasa mendengar dan bercakap-cakap dalam bahasa inggris?

I.TENSES
Tenses itu dasar dari logika bahasa. Jadi, teman-teman, pahamilah perbedaan waktu dalam tenses sampai ke-16 tenses itu terserap dalam pikiran anda. Saya waktu pertamakali tes ITP TOEFL di Aminef bulan april lalu dapat skor pas-pasan yaitu 550, karena saya pake cara tebak-tebakan dan sok main feeling waktu ngerjain soal, tapi saya belum ngerti bedanya “Have had”, “Should have been”, “Would be living” dll. Seandainya persoalan seperti ini saya udah ngerti, mungkin waktu itu saya bisa dapat skor lebih tinggi.
II. STRUKTUR KALIMAT
 ini juga baru saya dapatkan waktu les di TBI S.Widjojo. Ternyata, bahasa inggris percakapan dan tulisan berbeda. Dalam tulisan, struktur ini penting sekali. Contohnya, mana yang benar dari dua kalimat ini:

a. We have studied the proposals from both firms and have decided that although Zero Inc.’s fees are high, it is the more reliable company. 
b. We have studied the proposals from both firms and have decided that although Zero Inc.’s fees are high, it is the most reliable company.

jawabannya: A
alasannya: The answer more is correct.

Explanation:The comparative “more” is correct here because we are comparing two firms.

Teman-teman, saya punya link web bagus untuk mempelajari ini secara online:
http://www.uottawa.ca/academic/arts/writcent/hypergrammar/

Pelajari satu-satu deretan grammar di samping kiri, dan ada latihannya juga. Saya cukup terbantu dari situ.

III. ENGLISH ACADEMIC WRITING
Ini adalah cara – cara menulis tulisan ilmiah dalam bahasa inggris. Bisa dipake untuk menulis apa aja sebenarnya. Pada intinya, kita jadi bisa nulis secara efektif.Sangat berguna di session Reading dan Writing, bisa membantu kita membaca lebih cepat. Di session listening to lecture, ini berguna banget buat mencatat cepat. Berguna untuk nulis Study Objective/motivation letter/ sampe tesis atau desertasi. Struktur paragraph atau penyusunan konsep dalam tulisan kita, ternyata bisa menunjukan sisi intelektual kita

Beberapa saran saya:

1. Kursus Academic Writing. Saya taunya di TBI S.Widjojo. gurunya Mrs Lilyana Fikir, she’s very smart and reputable. She speaks english fluently, for she had been living in Singapore and USA until she finished her Master Degree.

2. Beli langsung bukunya (tapi latihan sendiri dan ga ada yang beri opini/argumen) lewat Amazon dot com: 
– Introduction to Academic Writing English dan
– Academic Writing English ,terbitan  Longman, pengarangnya Alice Oshima

atau beli di TIMES Universitas Pelita Harapan, Karawaci,
– Academic Writing, penerbit Macmillan, pengarang Zemach/Rumisek
– Academic Writing:Process and Strategies, penerbit Cambridge, pengarang Ilona Leki

Nanti saya coba jelaskan inti-inti nya di posting berikutnya.

IV. SPEAK AND LISTEN
Nggak ada cara lain, selain ngoceh dan sering mendengar. Nonton film tanpa teks, nonton berita di CNN (yang ga punya tv kabel nonton
gratis aja di perpus Diknas, sebelah Ratu Plaza, enak pake earphone!). Yang udah punya CD Barrons, ya latihan aja sebanyak-banyaknya.

Oke teman-teman. saya mau mandi dulu. ntar dilanjutin lagi ya….


Tinggalkan Balasan

