Kurus di Jakarta

3 Feb

Temen2 gue tau, bahwa kalo gue lagi di luar negeri, biasanya gue lebih kurus. Bukan karena stress atau kurang makan, tapi karena gue banyak jalan. Kemana-mana pake bis, trem, atau subway.Waktu di Belanda, gue kudu jalan kaki jauuuuuh banget, atau naek sepeda kira-kira tiga perempat kilo dari rumah sampe stasiun kereta Bilthoven atau Almere Buiten. Soalnya gue tinggal di komplek perumahan, dan rumahnya di paling belakang… heuheuhe. Waktu di Perth, gue kudu jalan kaki juga kira-kira setengah kilo dari rumah ke stasiun kereta Grant Street. Belon lagi jalanannya naek turun, kaga rata kaya di Jakarta. Nyari ojek? Sampe nangis bombay juga kaga nemu tuh yang mangkal! Belum lagi kalo pas pulang, ternyata bis dari stasiun kereta udah nggak ngga ada. Ya nasib lah jalan kaki sampe rumah. Makanya disana ukuran celana gue tuh bisa dibawah 30.. kira2 28 atau 29 lah! perut rata, paha ama kaki kenceng, pokoknya sehat dah!.

Tapi Jakarta tuh emang godaan makan enaknya banyak banget. Belum lagi kebiasaan nongkrong di cafe. Udah mahal, ga sehat, bikin gemuk pula. Dan kalo di Jakarta, gue tuh kebiasaan bawa mobil sendiri. Selain boros bensin, cape kaki, males ama macet, gue jadi kurang bergerak. Jadilah gue menggelembung…!

Tapi sejak kerja di The Habibie Center, gue mulai terkondisikan untuk selalu jalan kaki. Secara THC terletak rada di dalem Kemang, gue memutuskan untuk nggak bawa mobil kecuali kepepet. Selain jauh, males banget gue kalo harus nyetir ngelewatin macet! Belom lagi bensinnya.

Untung ada busway!🙂 Jalan kaki lah gue sekitar 300-400 meter dari rumah ke halte busway, agak-agak nanjak pas di jembatan penyeberangan, lalu duduk manis dalam busway ke arah harmoni, dan lanjut duduk manis lagi di busway sampe terminal blok-M. Sampe blok-M gue harus turun tangga, lalu naik tangga lagi dan pindah ke jalur nya Kopaja 605A. Kopaja melaju sampai Kemang, dan turunlah gue tepat di depan Habibie Center!🙂

Sebenarnya, kalau sistem transportasi di Jakarta bisa lebih teratur lagi, semua orang mungkin akan makin males bawa mobil. Kita akan nyaris nggak pernah liat kemacetan. Udara lebih bersih, dan enak untuk jalan kaki. Daripada naikin pembakaran karbon dioksida, mendingan naikin pembakaran lemak…:p

Tinggalkan Balasan

