Heading to 2011

11 Des

Nggak sopan ya sebenernya. Terakhir gue nulis blog tentang proyek di Ambon tapi nggak diterusin … he he he! Dan sekarang udah masuk bulan Desember. Sebentar lagi tutup tahun.

Cerita di Ambon itu puanjang bener jadi gue agak2 males ngetiknya. Lagian semua foto udah gue upload di facebook, dan gue masih belum tau gimana nge bridge foto2 di fb ke multiply.

Anyway, setahun ini banyak hal yang udah gue lalui. Perjalanan menemukan orientasi karir dan (of course!) beasiswa akhirnya menemukan titik terang. Bidang Komunikasi memang bidang yang paling pas untuk gue. Dan Komunikasi Korporat jadi bidang yang gue minati sesuai background dan pengalaman. Kemantapan akan orientasi bidang sangat penting dalam proses pencarian beasiswa gue.

Terus terang gue males kalo ngambil Master research. I don’t wanna be a researcher. I am a practitioner. Karena itu gue pengennya ngambil Master professional aja. Kalo bisa setahun aja cukup, karena gue ga mau lama-lama meninggalkan dunia kerja.

Saat ini ada tiga beasiswa master yang gue sorot. Beasiswa pemerintah Perancis (BGF), USA (Fulbright), dan saat dibuka bulan Februari tahun depan..lagi-lagi: Turki. Walaupun hasil akhir ditangan Allah, tapi kali ini gue merasa lebih siap dari sebelumnya. At least dari segi bahasa, gue ngerasa ada peningkatan di bahasa Inggris dan Perancis gue. Dari segi bidang studi dan pengalaman kerja, gue merasa lebih pede. Institusi tempat gue bekerja pun cukup bisa memberikan pengaruh. Plus orang-orang di dalam dan sekitarnya yang punya track record akademis dan penelitian serta peran politik yang bagus.

Untuk beasiswa Perancis, so far gue udah coba menghubungi beberapa profesor di Perancis. Ada yang di Paris Sorbonne, Universite de Provence, Universite Nancy, dan Universite Paris 13. Katanya, salah satu dokumen yang diminta adalah bukti korespondensi dari profesor Perancis. Udah gitu emailnya boleh di print pula. Rata-rata sih profesor2 ini merespon positif setelah ngeliat CV gua. Tapi tetep aja pendaftaran kuliah baru dibuka tahun depan, malah ada yang setelah batas waktu pendaftaran beasiswa BGF ditutup. Walo begitu… gue cuek ajah.. hehehe. Yang penting berkas-berkas udah siap. DELF gue walopun cuma A-1 tapi at least profesor2 itu ngerti dan ngebales kok semua email-email gue dalam bahasa Perancis!šŸ™‚ *thanks to google translate*.. hahahaww

Semua persyaratan beasiswa Fulbright udah beres kecuali TOEFL ITP terbaru. Rencananya sih gue mo tes lagi di NESO minggu depan.

Untuk beasiswa Turki, walopun ga ada dalam persyaratannya, gue iseng2 aja nyoba menghubungi profesor2 di Universitas Turki sana. Salah satu yang ngebales positif adalah dosen di Universitas Ankara. Kebetulan doi ngajar mata kuliah yang berhubugnan dengan jurnalisme dan demokrasi. Hehe…nyerempet2 lah dengan kantor gue.

Berkas2 untuk beasiswa Turki juga rata2 udah siap, tinggal minta tanda tangan surat rekomendasi dari satu orang kritikus media. Niatnya sih hari selasa depan mau ketemu doi.

Lalu gimana kalo ngga lolos lagi beasiswanya? I’ll go, no matter what. I’ll take summer course, short course or anything. Plan B dan C udah ada di kepala…..šŸ™‚


Resume Setahun
Ternyata banyak juga lho yang udah gue lakuin selama kerja di sini. Banyak pula orang-orang yang temui. Nggak nyangka bisa masuk ke lingkungan ini. Ada serunya, ada sebelnya. Tapi semuanya berkah lah buat gue. Network memang selalu berharga.

Waktu gue nge browse isi server gue, ternyata banyak juga yang udah gue bikin. Launching ASEAN Studies Program, Diskusi media, berbagai International Executive Forums dengan beberapa kedubes atau konsulat asing, proyek literasi media ke tiga kota, menerbitkan buku, dsb. Aren’t they great for my resume?šŸ™‚

Tinggalkan Balasan

