Packing praktis

22 Des

You name it.

Untuk bepergian saat winter, pasti banyak yang harus dibawa. Kalo nggak, mati kedinginan kita. Pakaian dalam thermal, baju sehari-hari, bawahan, kaos kaki, sarung tangan, topi, syal, sweater dan jaket. Apalagi kalo pergi sebulan.
Koper gue nyaris ga bisa ditutup waktu gue pertama kali packing. Secara jaket bulu angsa gue itu lho puffy banget udah kaya kasur jendol-jendol. Belon kaos kaki, belon kosmetik, belon sepatu dsb. Apalagi celana tidur gue yang tebelnya… ada kali se-senti. Celana cuma dua potong tapi pas dilipet tingginya 10-15 cm!
Dasar ndeso, gue inget kalo ada plastik khusus untuk membungkus sekaligus menghampaudarakan isi bungkusan tersebut. Kayak yang dipake untuk ngebungkus makanan beku itu lho. Wah, enak bener nih!
Nama benda tersebut biasa disebut ‘vacuum bag’, ‘vacuum traveling bag’, atau ‘compression plastic bag’. Jenis plastik ini ada dua. Jenis pertama adalah yang pake pompa. Jadi, lebih banyak udara yang dipompa keluar.
Jenis kedua adalah tipe vacuum bag tanpa pompa vakum. Masukin aja pakaian kedalamnya, lalu tekan atau gulung sambil ditekan, udaranya langsung keluar dan plastik merapat kembali, menghalangi udara untuk bercokol di dalam. Iki lho gambarnya:
Jenis yang kedua ini lebih praktis dan murah, jadi ga perlu beli pompanya. Untuk keperluan traveling sudah cukup kalo menurut gue. Paling-paling butuh temen yang berat badannya lebih untuk ngebantu nge-press bungkusan setipis mungkin:)
Akhirnya gue beli yang jenis ini. Di Ace Hardware, dijual dengan merk Kris dengan judul ‘Luggage Space Maker”. Sempet sebel juga karena waktu gue tanya “Mas, ada vacuum bag nggak?” si mas-mas dengan pedenya bilang “oh, kalo itu kita ga ada mbak”. Padahal dia jelas nggak ngerti apa itu vacuum bag. Ternyata doi masih training. Dodol tenan. Gue tanya lagi ke yang lebih senior, “Yang buat wrapping ya mbak?” dan dibawalah gue ke tempat tas plastik. Akhirnya gue harus jadi intepreter bahasa Inggris ke Indonesia, “bukan ini mas. Saya cari plastik yang bisa bikin baju-baju di koper jadi tipis!”. Baru deh tu orang ngerti. “Ooooh! Yang itu ya…” dan dibawalah gue ke rak yang jauh dari situ. Baru deh ketemu! Beuh.. plis deh!
Kantong plastik ini dijual dengan harga Rp.58.000 untuk selembar ukuran Large dengan alas papan tipis segiempat. Tipe yang seperti ini praktis banget untuk numpuk pakaian jadi satu, karena hasilnya jadi rapi saat dimasukan ke dalam koper. Adalagi yang isi 2 lembaran kantong plastik biasa ukuran L dan plastik ukuran Jumbo satu lembar, harganya 70ribuan. Gue beli dua-duanya aja. Sisanya pasti kepake untuk bungkus oleh-oleh nanti.
Bener lho, jaket bulu angsa gue yang tebel itu jadi lebih tipis dan bisa gue masukin ke backpack:) Jadi kalo gue keluar dari bandara nanti ga perlu panik kedinginan dan bongkar koper🙂
Sweater dan pakaian gue yang lain juga jadi lebih padat dan rapi di dalam koper. Plus ada ruang lebih untuk naro barang-barang lain nantinya!

3 Tanggapan to “Packing praktis”

  1. Ifah Agustus 17, 2012 pada 3:20 pm #

    Baru tau euy hehehe… vakum bag hanya ada di ace hardware ya ? ada ukuran sedang nggak mba ? hehehe

    • aryatidewihadin Agustus 19, 2012 pada 3:28 am #

      Iya aku baru nemu-nya di Ace Hardware nih. Kalau macam ukuran sih ada, lah:)

  2. Shinta Maret 5, 2013 pada 5:48 am #

    Dear Mbak Aryati,

    aku coba cari vacumm plastik utk packing tapi di ace hardwear barangnya lagi kosong, kalo boleh tau, mbak masih punya gak yah? boleh saya beli dr mbak saja?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: