Yang memanggil dari masa lalu

13 Mar


Pagi ini, selesai hujan, gue mendengar Sonata Pathetique 2nd movement nya Beethoven dari youtube. Entah kenapa, gue berasa seperti menjadi anak kecil lagi, umur 8-10 tahun, yang bermimpi ingin ke Eropa. Melihat bangunan-bangunan klasik dan berpakaian seperti Marie Antoinette. Berdiri diantara orang-orang berkulit pucat dan berambut emas. Melangkahkan kaki diatas jalanan berbatu yang dingin di tengah musim semi. Mendengar suara kereta kuda melintas.

Salah satu penyebab kepinginnya gue ke Eropa saat itu adalah piano. Walaupun gue nggak belajar piano klasik se-intens anak-anak yang belajar di sekolah musik seperit YMI, YPM atau Yamaha, tapi musik klasik saat itu benar-benar mempengaruhi imajinasi gue. Buku piano opa gue yang udah tua banget dan kertasnya udah kuning itu sering gue bolak-balik, berharap suatu hari nanti gue bisa mainin semua itu dengan indah di atas panggung, di Eropa sana. Padahal lihat not-not nya aja gue udah ngeri. Semua lagu di dalamnya adalah karya Beethoven, Bach dan Brams. Kumpulan Sonata dan beberapa Prelude dan Fuga populer. Tapi tetep aja mereka nggak semudah lagu-lagu pendek di buku Beyer yang gue mainkan.
Impian belajar Musik klasik di Eropa dan menjadi pianis yang keliling dunia perlahan pupus, tapi kerinduan untuk menyeberangi benua tetap ada. Ingin berada di sana, tinggal dan berkarya di sana. Dari kecil gue sudah merasa begitu. Pantes aja sekarang orientasinya selalu tidak lokal. Tapi sekarang destinasinya berubah arah. Setelah mengunjungi Eropa 15 tahunan yang lalu, tujuan perantau ini mencoba mengikuti kisah sejarah, ketika sebagian dari Eropa ditaklukan oleh sebuah bangsa keturunan Asia Tengah bernama Turki.
Perjalanan ini, memang penuh warna-warni🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: