Summertime in Ankara!

30 Jun

Yaay akhirnya gue bisa ngerasain Ankara di musim panas🙂

Setelah satu bulan kedinginan ditengah salju, kali ini hari-hari gue di Ankara tidak perlu jaket tebal dan underwear dari wool!
Dalam rangka wawancara di METU lah gue berada di Ankara saat ini. Tapi sejak bertemu dengan duta besar Turki dua minggu yang lalu, pilihan gue tentang sekolah di Turki mulai terbuka. Pak dubes menyarankan gue untuk mencoba meng-approach profesor di Bilkent dan minta beasiswa. Doi kayanya ngefans banget sama Bilkent dan pengen gue berhasil masuk sana. Alhamdulilah setelah korespondensi dengan profesor yang bersangkutan, beliau tertarik dengan proposal tesis gue dan ingin bertemu. Jadi, berhubung gue memang udah beli tiket ke Turki untuk menghadiri sesi wawancara seleksi masuk S2 di METU (plis ya bok..pengorbanaaannn!!!), kesempatan ini gue gunakan juga untuk bertemu dengan doi di Bilkent. Yah mudah2an semua berjalan lancar dan berkah.. amin!
Kali ini gue tinggal bersama diplomat RI di Ankara. Kebetulan dulu gue sempet kenalan dengan doi karena dia kolega temen gue, yang juga kini diplomat RI di Ottawa. Pak Dosen lagi berada di luar kota untuk urusan acara kampus, semacam summer school or something.
Pertama kali tinggal di daerah yang berbeda di Ankara, ternyata menyenangkan juga. Daerah ini namanya Hilal. Lebih dekat ke Ayranci, deket Attakule, dimana banyak kedubes-kedubes asing dan kantor-kantor pemerintah berada. Daerahnya lebih tenang, gedung-gedung apartemennya banyak yang baru dibangun.
Sebenarnya gue berencana untuk dijemput oleh temen lama, yang juga sahabat pena waktu kecil. Tapi karena gue salah memberikan informasi kapan gue sampe, akhirnya dia ga jadi menjemput karena ada meeting yang ga bisa ditinggal. However, dia bantuin gue how to get to KBRI, tempat dimana temen gue kerja (of course lah.. dimanalagi diplomat kerja kalo bukan di kedubesnyah). Dari Esenboga gue naek bis bandara, Havas, sampe terminal Ulus. Lalu langsung naek taksi ke KBRI. Supir taksinya di telpon sama dia dan dikasih petunjuk jalan. Setelah haha hihi sebentar kitapun janjian untuk ketemu besok malamnya, malam minggu, for dinner.
Oh iya, temen gue ini punya kucing! Mungkin semua orang Indonesia di Turki yang suka main ke KBRI kenal ni kucing. Namanya Boncu! Kucing teraktif yang pernah gue temui. Kalo malem ga bisa diem, ngajak main mulu, kalo siang bobok. Mungkin karena dia ga pernah keluar kali ya, jadi hasrat berburunya meluap-luap.. hehehe. Beda dengan kucing komplek yang bebas hunting dan observing di kebon tetangga sampe naek-naek genteng. Tapi Boncu memang fenomenal…rasa ingin taunya tinggi banget, dan tergolong cerdas. Kalo disapa dia nyaut, memandang kita dengan pandangan interaktif. He knows that we speak to him. Waktu koper gue dibuka, dia loncat-loncat dan pengen tau isinya apa. Langsung masuk ke koper dan mengendus-endus!
Boncu the curious cat

Boncu the curious cat

Malem minggu, sahabat pena gue – OK, namanya Kerem – dateng ngejemput. Waw itu pertama kalinya kita ketemu setelah 19 tahun! 
But anyway, akhirnya kita ketemu juga dengan Ozlem, teman Kerem yang pernah gue add di FB karena kesukaannya dengan kucing. Gue sering ngobrol2 juga dikit di FB, tanya-tanya soal kucing atau seputar “krim mana yang bagus buat muka”. She’s a nice and friendly girl. Dosen bahasa Inggris di Denizli. Kebetulan, sabtu minggu ini dia memang lagi di Ankara. So, kita jemput Ozlem di deket halte bis (lupa dimana) terus langsung makan di mall Panora, dekat METU.
Panora

Panora

Gue belom pernah nih ke tempat ini. Ternyata letaknya di sebelah selatan, atau lebih tepatnya tenggara Ankara. Wilayah tenggara Ankara keliatannya memang lebih ‘high class’, lebih asri dan tenang, dan masih banyak tanah kosong berbukit . Banyak apartemen-apartemen baru yang menghadap ke bukit-bukit dan pepohonan. Wilayah ini juga sudah dekat ke ring road.
Anyway, cerita selanjutnya bersambung deh. Sekarang gue laper, mo beli roti tapi dollar gue belum ditukeeerr :((

Tinggalkan Balasan

