Mengejar Campusfrance

8 Des

Proses pengajuan pembuatan visa jangka panjang ke Perancis itu memang seru-seru-senewen. Semua visa jangka panjang untuk studi yang dikeluarkan oleh kedubes Perancis harus melalui Campusfrance. Sementara, staf Campusfrance nya cuma dua, dan tugasnya cukup multitasking. Ya melayani konsultasi, ya roadshow/presentasi ke berbagai kota, tugas ke luar negeri, pokoknya dapet kesempatan ketemu mereka di kantornya itu udah merupakan kesempatan langka deh. Udah berasa kaya lagi skripsi, ngejar-ngejar dosen untuk asistensi tapi dosen nya kabur2an terus.

Awal ketemu, itupun mereka lagi ditengah-tengah sibuk. Jadi gue cuma dikasih dua lembar kertas berisi daftar berkas yang harus gue kirim ke mereka via email, dan berkas yang harus gue siapkan untuk ke kedubes. Jadi ya ga sempet nanya2, konsultasi dsb. Padahal pertemuan hari itu pun pake appointment.. huhu.

Setelah itu gue kumpulin semua berkas yang diperlukan, gue kirim ke email mereka satu persatu seperti yang diminta, tapi pas gue kirim itu mereka semua lagi tugas di luar kota dan luar negeri. Pas mereka balik dan gue telpon, tanggapannya “Oh? Mau bikin visa ya? Sudah diterima di institusi pendidikan di sana? Kirim aja dulu dokumen2 nya, nanti dipanggil untuk wawancara.” Ya salaaam…! Pan udah gue kirim semua dokumen gue, plus surat penerimaan nya! Hikz..😦 Ternyata email gue pun belon dibaca. Cape de.

Setelah gue bilang gue udah ngirim email ke doi, baru deh doi jawab “Baiklah, saya baru aja masuk kantor, ini lagi nge-download email. Nanti di balas yah”. Huhu… beneran nih dibalas? Waktu keberangkatan udah mepet, tinggal 40 hari lagi. Gimana kalo libur Natal? Huaa.

Memang butuh perjuangan!

 

2 Tanggapan to “Mengejar Campusfrance”

  1. rahmabalcı Desember 9, 2012 pada 12:05 pm #

    itu staf lokal juga kah? wah kok cuma 2 orang gitu.rempongnya kebayang bak ngejar artıis:)

  2. anastasia Januari 24, 2015 pada 1:47 pm #

    kak , boleh minta email kakak ga ? ada pertanyaan seputar studi di prancis. mohon bantuannya. merci🙂

Tinggalkan Balasan

