Presentasinya Sukses!

23 Okt

Yuhuu!!!

Setelah empat minggu stress mempersiapkan presentasi Rencana Ekspor bersama 6 orang yang tergabung dalam kelompok di kelas, nggak nyangka kalau presentasi kita hari ini membuat semua orang di kelas TERCENGANG! Kita dapat 20/20 alias THE BEST!

Bayangin, kita berenam nggak saling kenal sama sekali sebelumnya, tapi we end up with the highest point! Gue inget waktu pertamakali di kelas Developpement des Entreprises Internationales, gue cuma kenal Daisy dan Anais, karena kita baru kenalan dihari sebelumnya. Sebenernya kita sempet kenalan sama Anna, cewe Perancis yang baru balik dari liburan di Bali dan Amerika. Waktu kenalan sama dia di kelasnya Madam Symington, gue punya firasat ni orang asik diajak kerjasama. Orangnya hangat dan sepertinya cukup serius kalau kerja. Nah, waktu di kelas Developpement des Entreprises profesornya nyuruh kita ngerjain tugas kelompok sebanyak 5 orang dalam membuat Export Plan, gue langsung ngedip ke arah si Anna dan Anna rupanya juga udah punya satu teman yang akhirnya bergabung juga dengan kita, Maeva. Seminggu kemudian bergabung dengan kita Galih, cewe Indonesia yang telat masuk.

Awalnya gue stress banget karena mereka semua sama sekali ngga punya pengalaman bisnis atau ngerti bisnis sama sekali. Masih lugu dan bloon banget. Masa mereka mau ekspor botol minum ke Asia! Ya nanti digiles sama Cina lah, secara mereka memproduksi hampir segala jenis barang! Akhirnya mereka setuju untuk mengganti produk menjadi parfum. Secara parfum Perancis masih punya pasar di seluruh dunia, apalagi di Indonesia. Dan yang pasti, nggak terlalu rentan kompetitor.

Selama mempersiapkan naskah export plan gue berkali-kali harus mengkoreksi mereka karena mereka nggak ngerti sama sekali tentang bisnis. Gue harus mengarahkan mereka supaya mau searching data, berpikir analisis dan akhirnya mereka sadar sendiri. Mereka sadar kalau mereka juga harus berusaha lebih keras dari gue 🙂

Anna, cewek Perancis keturunan Polandia yang hangat dan cheerful. Bahasa Inggrisnya bagus, dan ternyata jago presentasi. Dia senang riset, makanya dia cepat paham waktu gue kasih link2 tentang situasi pasar parfum, pertumbuhan ekonomi dan tenaga kerja Indonesia dan segera menuangkannya ke naskah presentasinya. Maeva, cewe perancis juga yang awalnya BLANK abis tentang ekspor impor. Tapi dia punya taste, selalu tampil chic dan kreatif. Gue suka gayanya tiap hari yang selalu ‘Perancis’ . Anais, paling muda diantara kita, baru 20. Paling cuek dan tomboy dengan kacamatanya yang nyaingin kacamata gue. Dia juga blank tentang bisnis, tapi anaknya rajin dan mau mikir. Daisy, cewe Nigeria yang aduh… malesnya minta ampun. Awalnya gue pengen nge-kick dia dari kelompok, tapi berhubung dia satu-satu nya yang native English speaker dan bisa menghaluskan bahasa Inggris ktia semua, gue putuskan untuk mempertahankan dia. Galih, yang sulit organized tapi punya potensi di lobbying dan ide-idenya cukup kreatif.  However, dia berhasil ngedapetin bantuan orang lain untuk ngebuatin sketch gambar buat presentasi kita 🙂

Tapi alhamdulillah semua akhirnya kelar juga. Gue stress karena tiap kali harus mengecek ulang naskah teman-teman, mengkoreksi poin-poin yang ngga jelas sambil berusaha membuat mereka mengerti proyek ini. Punggung rasanya kaku, kepala nyut-nyutan karena psikosomatis. Belon lagi 2-3 tugas matakuliah lain masih menunggu!

Jadilah jadwal presentasi kita hari ini, sebagai kelompok ke 14. Sebelumnya udah berlangsung beberapa presentasi dari group lain, dari yang keren sampai yang katro. Ada satu cewe dikelas kita, yang kita sebut “The Badass Blonde” yang belagu banget, selalu pengen keliatan paling pinter dikelas di tiap mata kuliah. Dia dapet giliran pertama, dan kelompoknya dapet nilai 17/20. Dia udah bangga banget sebagai kelompok dengan nilai paling tinggi. Padahal produknya ga punya positioning dan USP yang kuat.  Mau buka warung kopi macam Starbucks di Korea dengan sentuhan “Perancis”…tapi kehilangan ke-perancisannya karena masih terkesan niru konsepnya Starbucks dan kalaupun dia jualan patisserie juga, dia ngga ada bedanya dengan “Oh La La Cafe”.

Dan hari ini, gue bisa liat dia beteeeee bangettt selama presentasi kita! Semua orang menyimak kita dengan serius, terkesima dengan penampilan kita yang padahal juga sama2 nervous!

Dan gue bener-bener ga nyangka, kita langsung dapet nilai tertinggi hari ini juga! 20/20 !!! Felicitation, les filles!!!!
PS: Akses ke presentasi kita ada di sini http://prezi.com/dqjsnldswsi3/?utm_campaign=share&utm_medium=copy

1378782_10202388066849510_1385655868_n

Iklan

4 Tanggapan to “Presentasinya Sukses!”

  1. Ailtje Binibule Oktober 23, 2013 pada 10:59 pm #

    Waaah…. Stereotype blonde bego jadi Gak berlaku dong. Atau dia berusaha keras biar nggak dilabeli bego :p

    Anyway, selamat atas kerja kerasnya. Pilihan bisnis yang tepat. Kalau gue ga salah ingat, parfum itu emang cuma bisa diracik di negeri non – tropis. Benarkah ini?

    • aryatidewihadin Oktober 27, 2013 pada 9:27 am #

      Maacih 🙂

      • andi algis November 12, 2013 pada 7:17 am #

        Aku boleh temenan di facebook gak ?…pengen juga neh bisa kuliah di perancis…kebetulan lagi kerja dulu kumpul duit…gua pengen nyoba master degree geophysic ….smoga bisa cukup duitnya…ini fb aku : andi.bukhari@gmail.com

        btw tolong di add yaa

        tks

      • aryatidewihadin November 12, 2013 pada 8:11 am #

        Boleh, mas. Silahkan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: