Nekat S2 di Perancis, Semester Pertama Lulus Juga :p

25 Jan

Alhamdulillah, setelah gedubrakan yang melelahkan selama satu semester, saya lulus!

Ah, lega rasanya melihat nilai-nilai yang dipajang di kaca lantai dasar gedung fakultas. Nilai rata-rata gue lumayan lah, 14/20 kurang dikit..hehehe. Not bad untuk mahasiswa Indonesia yang bahasa Perancisnya masih pas-pasan tapi nekat S2 di Perancis. Nilai-nilai matakuliah gue rata-rata bagus, 14,5 sampai dengan 18 per 20. Cuma ada satu matakuliah yang jeblok, tapi alhamdulillah lulus, yaitu Conference Professionelle. Itu matakuliah full dalam bahasa Perancis dimana kita hanya duduk mendengar dan mencatat presentasi dari pembicara-pembicara yang diundang. Saat itu bahasa Perancis gue untuk urusan hukum perdagangan dan ekonomi masih cetek banget, dan memang susahnya minta ampun ngikutin matakuliah ini, apalagi membaca ulang catatan. Yang lebih parah waktu itu, gue bahkan nggak bisa ngerti apa maksud pertanyaannya.. hahahaha! Lagipula gue juga sering bolos untuk matakuliah ini. Karena waktunya pas nabrak waktu solat zuhur dan solat jumat yang mepet banget sama Ashar. Ya sudah, yang penting objektif. Gue mendapat hasil yang sesuai dengan apa yang gue usahakan, dan sesuai dengan kemampuan saat ini.

Tapi gue seneng, nilai-nilai matakuliah gue yang lainnya, terutama yang strategis, bagus-bagus. Geo-ekonomi Asia gue dapet 15/20 (cihuy!), Civilization dan Asia-viewed by English Speaking World dapet 15.5. Matakuliah Developpement d’Enterprise gue dapet 17. Yang paling cihuy itu nilai metodologi riset gue, 18/20 … yippiii! ^_^ alhamdulillaaah!

Yaaay I am proud of myself🙂 Gue ga perduli anak-anak Perancis dapet nilai lebih tinggi dikit dari gue, tapi mereka memang bisa bahasa Perancis dan nggak sesulit gue dalam menyerap informasi. Plus, gue tiap pagi kerja nguli, akses internet terbatas alias harus berebutan sama kakak kalau ngerjain PR. Plus, gue liat sistem pendidikan S2 tahun pertama di sini kayanya lebih menekankan hafalan deh daripada ide. Mungkin itu ya sebabnya nilai metodologi riset gue paling tinggi di kelas, soalnya dosen pembimbing gue orang Amerika .. hahaha. Amerika dan Perancis emang beda banget dalam sistem edukasi.

Ngomong-ngomong soal riset, gue pengen banget bisa ngelanjutin riset gue ini. Semester kemarin kita cuma disuruh ngumpulin referensi untuk bibliografi penelitian, dan gue kelewat serius ngerjainnya.. makanya dapet 18.. hehe. Tadinya gue ga pede banget karena gue ga tau mau neliti apa. Terus gue asal nyeplos aja mau neliti tentang media di Cina, yang lalu gue batalin karena kayanya gak mungkin neliti media di Cina secara kebebasan pers mereka dikontrol pemerintah, dan mereka sangat pinter nutup informasi rapat-rapat. Plus, menelaah media Cina itu adalah pekerjaan MAHA AGUNG alias butuh kemampuan bahasa Cina yang advance; both in speaking and reading the Hanzi!

Akhirnya, lagi-lagi dong, gue terdampar di topik bernama “Turki”! HADEUH! Ade apeee??! Gara-gara baca berita bahwa Turki mencoba menjalin hubungan politik dan ekonomi dengan Cina, maka berubahlah haluan gue jadi meneliti tentang hubungan dagang Turki-Cina. Dan langsung disetujui dosen gue!

Berburu referensi dan bibliografi cukup makan waktu juga, apalagi kalau akses internet terbatas, konsentrasi sering buyar karena urusan ini itu administrasi dan sebagainya, mood naik turun karena badan nggak fit. Apalagi waktu hari terakhir kuliah, pas ujian Conference Professionnelle itu, gue udah ga mau mikir apa-apa lagi. Dan besoknya langsung berangkat ke Yunani untuk liburan! Hahaha. Untungnya, pulang dari Yunani gue bisa serius nyelesein bibliografi dan mengirimnya via email ke dosen pembimbing.

Semester kedua ini gue harus lebih konsentrasi lagi belajar dan pikiran nggak boleh buyar. Mumpung matakuliahnya nggak sepadat kemarin, gue harus bisa gunain waktu sebaik mungkin untuk menyerap informasi, ngulang pelajaran dan ngerjain tugas.  Ini aja udah ada dua tugas presentasi.

Semester ini juga gue harus magang 3 bulan. Ini udah mulai pusyink karena belum nemu tempat magang (ya iya lah, wong CV nya aja juga baru dikirim hari ini). Doain ya teman-teman, gue dapet tempat magang di Eropa ini. Pengennya sih di think-tank (lembaga penelitian politik), supaya bisa dapet bahan untuk ngerjain penelitian akhir gue nanti…

Satu Tanggapan to “Nekat S2 di Perancis, Semester Pertama Lulus Juga :p”

  1. Ailtje Binibule Januari 27, 2014 pada 11:38 am #

    Wah semoga dapat tempat magang ya, good luck!!

Tinggalkan Balasan

