Bukan Maksudnya Nolak Rejeki…

Dilema mahasiswa perantau non-beasiswa yang hidupnya bergantung dari pekerjaan sehari-hari sebagai cleaning service dan tukang nata meja-kursi restoran adalah nggak bebas memutuskan hal-hal yang berhubungan dengan keuangan.

Salah satunya, Menolak tawaran magang di sebuah think-tank di Praha, Chekoslovakia. Tapi sayangnya, saya harus melakukannya 😦

Sebenarnya, gue keterima di USAK (Turki) dan Institute of International Relations Praha (Chekoslovakia). Dua-duanya menarik banget buat gue. Bedanya, di USAK cuma sebulan, dan kalau gue meninggalkan kerjaan selama sebulan, defisit income gue nggak terlalu besar. Apalagi gue juga harus terus bayar apartemen tiap bulan. Musim panas nanti, gue juga bisa cari kerjaan tambahan di La Rochelle. Kali aja ada kerjaan bersihin rumah atau restoran yang perlu tenaga tambahan.

Sebenarnya, kalau gue pergi ke Praha, gue bisa apply beasiswa magang dari pemerintah provinsi Poitou-Charente. Tapi konsekuensinya adalah, gue nggak bisa apply lagi tuh beasiswa di semester berikutnya. Karena beasiswa itu hanya diberikan sekali. Dan, kalau gue pergi selama 3 bulan ke Praha, siapa yang bayar dan jagain apartemen gue?

Belum lagi tawaran kerjaan summer di Yunani. Hadeuh.

Ya udah lah ya. Apapun itu gue syukuri aja. Artinya Allah baek banget nawarin gue berbagai kesempatan. Cuma gua yakin pasti diantara semua tawaran itu cuma ada satu yang terbaik. Bersabar adalah pilihan paling tepat untuk saat ini. Save the best for last. Beasiswanya untuk tahun depan aja. Biar bisa pergi lama dan jauh sekalian 😀 

Gambar

Iklan

2 respons untuk ‘Bukan Maksudnya Nolak Rejeki…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s