Summer lagi di La Rochelle

1 Jun

Pulang dari Turki, kembali ke La Rochelle menyambut musim panas. Dan sekarang La Rochelle udah mulai ramai kedatangan turis. Seperti daerah-daerah Perancis lainnya, La Rochelle punya beberapa acara tahunan saat musim panas. Salah satunya “La Fete du Port de Peche”. Pestanya para nelayan. La Rochelle memang berada di pinggir pantai laut Atlantik dan merupakan daerah penghasil ikan.

Port de Peche biasanya diadakan di Port-Neuf, dermaga nelayan deket La Pallice. Semua orang bisa ke sana dengan bis gratis dari terminal Place de Verdun dari jam 11 pagi sampai jam 5 sore. Acaranya adalah kita bisa makan ikan, tiram, udang, dll, dengan harga murah. Di lapangan besar, tersusun meja-meja panjaaang berjejer dengan tenda-tenda yang jualan makanan berupa seafood dan jualan minuman di sekelilingnya. Ada juga panggung hiburan tempat orang berdansa.

Siang hari tanggal 17 yang lalu, gue masih leyeh-leyeh di rumah waktu temen gue nelpon dan ngajak ke sana. Dia udah di jalan bersama temen-temennya dan ngarepin gue dateng juga. Well, why not? Walopun gue udah kenyang makan siang di rumah, tapi pengen juga liat acara setahun sekali itu. Berangkatlah dari rumah ke terminal yang ngga begitu jauh. Sampai di Port-Neuf, ternyata semua makanan yang dijual di tenda SUDAH HABIS. Hahaha. Pegunjung yang telat dateng pada kecewa, karena mereka udah beli kupon. Akhirnya yang bisa dibeli cuma minuman. Gue sih santai aja, karena hari itu gue cuma pengen menikmati matahari dan udara cerah. Akhirnya berfotolah gue dengan sebotol air mineral, minuman yang tersisa dari salah satu tenda ! hahaha…

IMG_4031 IMG_4033 IMG_4034

Dua hari yang lalu gue jalan-jalan ke daerah sepanjang pantai Concurrence. Di sana ada lapangan rumput panjaaang tempat upacara-upacara nasional berlangsung dan tugu perang dunia ke-2. Didekat situ juga ada taman tempat orang duduk-duduk dan berjemur, juga ada sungai yang mengalir kearah laut, dan kebun binatang mini. Enak banget deh summer ini. Ngga perlu mahal-mahal ke mall dan bayar parkir plus terpaksa makan di restoran untuk bisa bersenang-senang. Di atas rumput yang ijo, gue dan temen-temen duduk selonjoran serasa model brosur sekolah bahasa Inggris! hahaha….

IMG_4191 IMG_4203

 

Tapi dengan pekerjaan di pagi hari yang menguras tenaga, dan jam tidur yang kini berubah (siangnya lebih panjang), kayanya bioritme tubuh gue mulai mengalami proses adaptasi. Pulang kerja rasanya capeee banget, dan lebih suka tidur. Ini tangan dan kaki gue rasanya kaya abis digebukin deh. Mungkin gara-gara gue semangat ngangkat meja bar sekaligus dua di kiri dan di kanan kali ya?

Tapi summer ini me-time gue juga lebih banyak. Dengan tinggal di apartemen baru, sendiri, dan ada bath tub nya, gue bisa memanjakan diri dengan berendam air hangat. beberapa waktu lalu gue kepikiran untuk milk-bath sendiri (dulu kan kudu ke salon. bayar pula!). Berdasarkan saran teman, gue isi bath tub secukupnya untuk ngerendam badan, campur dengan satu kotak (1 lt) susu segar dan 3 sendok makan minyak zaitun yang biasa gue pake buat masak. Lalu bikin masker madu + minyak zaitun untuk di wajah. Lalu berendam.. Aahhhh endang bangettt..!

IMG_4050 IMG_4051

 

6 Tanggapan to “Summer lagi di La Rochelle”

  1. AnggiDito Juni 2, 2014 pada 9:20 am #

    bonjour !!
    nama saya dito, saya tinggal di Pau (deket bordeaux), region Aquitaine.
    boleh minta kontak nya tidak buat bertanya seputar turki ? merci.

    • aryatidewihadin Juni 2, 2014 pada 9:24 am #

      Sure, saya kirim via email ya.

      • dede Agustus 5, 2014 pada 4:21 pm #

        Mba minta emailny.mau tanya2 sekolah di frence.thanks

  2. Ailtje Binibule Juni 2, 2014 pada 11:18 am #

    Waaah, aku baru tahu kalau berendam susu itu ternyata susu beneran yang dipake.

    • aryatidewihadin Juni 6, 2014 pada 1:01 pm #

      hehe iya jeeng.. kalo di salon2 indo kan pake susu bubuk.

  3. Tyas Nur Annisa Maret 30, 2015 pada 3:42 pm #

    halo saya akan ke la rochelle tahun ini. tapi saya belum tahu gambaran hidup di sana. kalau boleh tau brpa ya biaya hidup sebulan di sana? trma kasih ^^

Tinggalkan Balasan

