Hidup Sehat A la Perancis

Untuk mengontrol populasi dan mencegah obesitas, Kementrian Kesehatan Perancis punya program “Manger Bouger”, yang artinya “Makan dan Olahraga”.  Sosialisasi program ini menurut gue keren, karena melibatkan semua pihak, dan menjangkau semua produsen makanan, supermarket dan restoran. Websitenya pun keren!

http://www.mangerbouger.fr/

Program Hidup Sehat Nasional Perancis

Di website ini, masyarakat bisa mengakses informasi tentang nutrisi, bagaimana mengatur pola makan tiap hari, mendownload resep, mengatur menu makanan per minggu, sampai mencari program olahraga bersama di setiap daerah masing-masing.

Tentunya dalam bahasa Perancis, hehe. Yang ga bisa bahasa Perancis coba pake google translate, laaa 🙂

Tapi bolehlah gue translate-in salah satu saran pola makan yang diberikan oleh ahli gizi Perancis di program ini:

– Konsumsi setidaknya 5 buah dan sayur setiap hari (baik dalam bentuk segar, dimasak, atau diawetkan alami)
– Makanlah produk serealia (gandum), kentang, setiap kali makan berat
– Konsumsi 3 produk susu setiap hari (susu, keju, yoghurt)
– Makan daging, ayam, atau ikan (makanlah ikan setidaknya 2 kali per minggu)
– BATASI asupan lemak (mentega, minyak, krim)
– BATASI asupan gula (soda, coklat, permen, pastry)
– BATASI asupan garam, dan pilih yang beryodium
– Banyak minum air
– Tidak minum alkohol lebih dari 2 gelas alkohol setiap hari untuk wanita, dan 3 gelas untuk pria
– Beraktivitas fisik setiap hari, minimal jalan kaki cepat 30 menit.

Alhamdulilah kalo soal aktivitas fisik, gue udah otomatis lakukan setiap hari selama 3 jam ngangkat meja kursi dan nyapu ngepel bar… hahaha.

 

 

Iklan

3 respons untuk ‘Hidup Sehat A la Perancis

  1. Ailtje Binibule berkata:

    Produk susunya banyak banget yaks, padahal ada riset yang mengatakan mamalia dewasa tak perlu susu. Terus buahnya juga banyak, 5 biji, eh tapi lima kalau dirujak terpenuhi lah ya.

    • aryatidewihadin berkata:

      Haha ngga tau kalo itu jeng. Tapi bener juga. Gue kok jadi curiga ini untuk menjaga kelangsungan hidup para produsen produk susu! Soalnya salah satu produk lokal andalan Perancis adalah keju. Kalo bukan market lokal yang dipaksa beli, gimana dong..? hihi! Just a thought!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s