Jalan terus bang … sampe S3

Ini gile ye, terakhir gue nge-post setelah 5 bulan absen. Sekarang udah 8 bulan sejak postingan terakhir, hihihi. Baru nge-post.

Setelah lulus S2 bulan September tahun lalu, gue masih meneruskan tinggal di Perancis sampe saat ini. Niatnya sih mau cari pekerjaan. Tapi setelah peristiwa duka tahun lalu, ditambah dengan kelelahan fisik dan mental selama menulis tesis, membuat mental gue down. Capeknya ngga ketulungan, sampe ga bisa mikir alias blank.

Bayangin aja setelah perjalanan panjang S2 (terhitung sejak pertamakali gue berjuang untuk bisa sampe ke Perancis loh), lalu sedikit lagi rasanya pintu cahaya hampir terbuka setelah bertemu dengan orang yang disayangi, tiba-tiba semuanya runtuh tak berbekas karena dia harus menghadap Yang Maha Kuasa secara tiba-tiba.

Jadi, saya memutuskan untuk beristirahat πŸ™‚

Selama beristirahat itu gue mencoba untuk re-orientasi ulang tujuan hidup gue. Terus terang aja ngga ada motivasi secuil pun untuk mencari pekerjaan. Membuka situs pole emploi atau situs-situs pekerjaan pun ngga ada semangat sama sekali. Gue mencoba untuk menganalisa diri gue sendiri. What’s wrong with me? Is it because his death? Is it because my CV?

Lalu gue menemukan beberapa kesimpulan. Kesimpulan pertama, gue kurang pede untuk terjun ke dunia profesional di Perancis karena bahasa Perancis gue belum advanced. Gue ngga mau tampil tanpa persiapan. Jadilah petit Γ  petit (sedikit-sedikit) gue menambah intensitas interaksi gue dengan bahasa Perancis di kota yang kecil ini. Waktu luang yang lebih banyak gue gunakan untuk hang out bersama teman-teman Perancis. Lumayan meningkatkan rasa pede ketika berinteraksi.

Kedua, ternyata rutinitas kerja di tempat yang sama itu ngga cocok dengan kepribadian gue. Gue bukan pengikut sistem, tapi pengacau sistem …. ihihihi. Gue lebih suka bekerja sendiri, atau kerja di institusi yang memungkinkan gue untuk mobile.

Photo on 4-29-16 at 2.03 PM (1)

Iklan

3 respons untuk β€˜Jalan terus bang … sampe S3’

  1. Widya Sari berkata:

    Slam kenal mb.. Apa kabar.. Mb Cantik mau tanya bagaimana sih sistem pengobatan di France mb? Adik saya sekarsng sekolah disana tapi sedang sakit, katanya karna baru umur 18 tahun, harus ada wali disana.. Benarkah mb?mohon dengan sangat bantuan informasinya ya mb. Hubungi aku di email aku yaa. Terima kasih banyak mb. GBU.

    • tea and lemon berkata:

      Salam kenal juga. Adik mbak sedang tahun pertama S1 berarti di sana ya? Setiap orang di Perancis wajib memiliki asuransi kesehatan, termasuk pelajar. Asuransi untuk pelajar biasanya kalo nggak LMDE, ada lagi beberapa nama agennya. Kalo adik mbak sudah berstatus mahasiswa pasti sudah punya asuransi karena hal itu sudah wajib diurus sejak pendaftaran. Semua pendaftaran premi asuransi untuk pelajar dimulai di akhir oktober setiap tahunnya, mengikuti siklus tahun ajaran. Setelah memiliki asuransi, kita akan punya nomer jaminan kesehatan kartu jaminan kesehatan yg disebut ‘Carte Vitale’. Setiap ke dokter kita cukup menunjukan kartu ini ketika membayar (biaya konsultasi dokter rata2 25 euro), dan dalam waktu sekitar seminggu uang kita di reimbourse oleh asuransi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s